cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. sidoarjo,
Jawa timur
INDONESIA
Ecopreneur.12
ISSN : 26143968     EISSN : 26156237     DOI : -
Core Subject : Economy,
Jurnal Ecopreneur.12 menfasilitasi penelitian bagi para dosen Khususnya di fakultas ekonomi dalam melakukan proses publikasi ilmiah.
Arjuna Subject : -
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 2 (2021): Oktober 2021" : 9 Documents clear
IMPLEMENTASI CORPORATE SOSIAL RESPONSIBILITY TERHADAP CITRA PERUSAHAAN DI PT. XXX Nikma Yucha; Putri Anggraini; Siti Mahmudah
Ecopreneur.12 Vol 4, No 2 (2021): Oktober 2021
Publisher : Universitas Maarif Hasyim Latif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51804/econ12.v4i2.1009

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh implementasi corporate social responsibility terhadap citra perusahaan di PT.Santos Jaya Abadi. Penelitian ini di lakukan terhadap masyarakat di tiga wilayah yaitu desa Sambibulu, Bringinbendo, dan Gilang disekitar PT. Santos Jaya Abadi berdiri dengan populasi sebesar 1.265 orang. Metode pengumpulan data sampel dengan simple sampling random yang berarti pengambilan sampel yang dilakukan secara acak dengan tidak memperhatikan strata atau tingkatan anggota populasi. Dengan menggunakan rumus slovin, maka data yang diperoleh sebanyak 93 populasi. Teknik analisis yang digunakan adalah analis regresi linier berganda dengan menggunakan program SPSS 25.0 for windows.  Menurut hasil data yang diperoleh dari aspek ekonomi tidak memiliki pengaruh yang positif serta signifikan terhadap citra perusahaan PT. Santos Jaya Abadi. Aspek sosial tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap citra perusahaan PT. Santos Jaya Abadi. Aspek lingkungan positif dan signifikan terhadap citra perusahaan PT. Santos Jaya Abadi. Secara bersam-sama ketiga aspek memliki kontribusi sebesar 63,5% terhadap citra perusahaan PT. Santos Jaya Abadi.Kata Kunci :aspek ekonomi, aspek sosial, aspek lingkungan, citra perusahaan
HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DAN KECERDASAN SPIRITUAL TERHADAP KEPEMIMPINAN KEPALA TAMAN KANAK-KANAK Nuning Nurna Dewi; Wulan Purnamasari
Ecopreneur.12 Vol 4, No 2 (2021): Oktober 2021
Publisher : Universitas Maarif Hasyim Latif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51804/econ12.v4i2.1014

Abstract

Dalam era globalisasi seperti sekarang ini sekolah sebagai lembaga pendidikan yang merupakan salah satu piranti dalam menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul memiliki komponen-komponen yang saling terkait satu sama lain. Komponen-komponen tersebut adalah siswa, kurikulum, bahan pelajaran, guru, kepala sekolah, tenaga kependidikan lainnya, lingkungan, sarana fasilitas, proses belajar mengajar dan hasil atau output. Semua komponen itu harus berkembang sesuai tuntutan zaman dan perubahan lingkungan yang terjadi di sekitarnya. Perubahan tidak akan berjalan tanpa dukungan dari sumber daya manusia yang merupakan aset yang dapat memberikan konstribusi lebih dalam pencapain tujuan organisasi. Penelitian ini bertujuan sebagai berikut : 1). Untuk menganalisis seberapa besar hubungan antara Kecerdasan Emosional Kepala sekolah dengan kepemimpinan kepala taman Kanak-kanak. 2). Untuk menganalisis seberapa besar hubungan antara Kecerdasan Spiritual kepala sekolah dengan kepemimpinan kepala taman kanak-kanak. 3). Untuk menganalisis seberapa besar hubungan secara bersama-sama antara Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Spiritual dengan kepemimpinan kepala Taman Kanak-kanak Dharma Wanita di Kecamatan Gayam. Sehubungan dengan permasalahan yang telah dirumuskan dalam penelitian ini terdapat tiga variabel yang akan diteliti. Ketiga variabel tersebut diklasifikasikan menjadi dua bagian, yaitu variabel bebas (independen variabels) X, dan variabel terikat (dependen variabels) Y. kedua klasifikasi variabel tersebut dapat dijelaskan sebagai berikut : 1). Kecerdasan Emosional (X1), 2). Kecerdasan Spiritual (X2), 3).Kepemimpinan (Y). Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut : a). Hipotesis pertama yang diajukan dalam penelitian ini terbukti benar, bahwa kepemimpinan TK Dharma Wanita di Kec. Gayam berhubungan dengan kecerdasan emosional dan spiritual, eksistensi, keterkaitan, pertumbuhan, pengetahuan, intensif dan sikap, pada tingkat signifikansi kurang dari 5% dengan F rasio sebesar 29,107 serta nilai koefisien determinasi (R2)  sebesar 0,7507. b). Hipotesisi kedua yang diajukan  dalam penelitian ini, yaitu pengetahuan mempengaruhi kinerja karyawan TK Dharma Wanita di Kec. Gayam secara dominan, dengan taraf signifikansi kurang dari 5% dengan nilai t sebesar 4,903 serta nilai koefisien determinasi parsialnya (r2) sebesar 6776. Kata kunci: Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Spiritual
ANALISIS ECONOMIC ORDER QUANTITY (EOQ) SEBAGAI PENGENDALIAN BAHAN BAKU PADA CV. ZAM-ZAM COLLECTIONS Lailatus Sa’adah; Endang Eka Wahyuningsih
Ecopreneur.12 Vol 4, No 2 (2021): Oktober 2021
Publisher : Universitas Maarif Hasyim Latif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51804/econ12.v4i2.1010

Abstract

Penelitian ini menganalisis tentang Economic Order Quantity (EOQ) sebagai pengendalian bahan baku pada CV Zam-Zam Collections. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah perhitungan Economic Order Quantity (EOQ) dapat dijadikan sebagai pengendalian bahan baku pada CV Zam-Zam Collections. Dalam penelitian ini terdapat data pembelian bahan baku, biaya penyimpanan dan biaya pemesanan. Pengumpulan data melalui observasi dengan melakukan kunjungan dan pengamatan secara langsung selama 7 hari, wawancara kepada pemilik perusahaan, dan dokumentasi dengan cara mencari data berupa data-data keuangan dan foto-foto sebagai pelengkap data primer. Untuk pengendalian bahan baku pada CV Zam-Zam Collections dapat menggunakan analisis Economic Order Quantity (EOQ), Safety Stock (SS), Reorder Point (ROP) dan Total Cost (TC).Kata kunci : Economic Order Quantity (EOQ), Safety Stock (SS), Reorder Point (ROP) dan Total Cost (TC).
ANALISIS PENGARUH KUALITAS, LAYANAN, DISTRIBUSI PRODUK UNTUK KEPUASAN KONSUMEN TOKO SAERA WARU SIDOARJO Setiawan Setiawan; Debby Fitria; Agus Mulyono; Varid Martah
Ecopreneur.12 Vol 4, No 2 (2021): Oktober 2021
Publisher : Universitas Maarif Hasyim Latif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51804/econ12.v4i2.1015

Abstract

Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh bahwa kualitas produk mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. Hal ini dapat dibuktikan dengan nilai thitung 3,182 lebih besar dari ttabel sebesar 1,990 dan nilai signifikansi sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. analisis data yang diperoleh bahwa distribusi poduk mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. Hal ini dapat dibuktikan dengan nilai thitung 2,415 lebih besar dari ttabel sebesar 1.990 dan nilai signifikansi sebesar sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Sedangkan kualitas produk tidak mempunyai pengaruh terhadap kepuasan konsumen. Hasil uji F diperoleh nilai Fhitung 66,595 > Ftabel sebesar 2,72 dan nilai signifikansi sebesar diterima dan Ha ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa secaraa simultan atau bersama-sama variabel kualitas produk dan distribusi produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. Dari hasih analisis diperoleh nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,712 yang berarti bahwa ketiga variabel independen yakni kualitas produk, kualitas layanan dan, dan distribusi produk mempunyai prosentase keeratan kepada variabel kepuasan konsumen sebesar 71,2%, sedangkan sisanya 28,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini.Kata kunci : kualitas produk, kualitas layanan, distribusi produk 
PENGARUH DISIPLIN KERJA DAN KOMPENSASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN PT XXX KECAMATAN DRIYOREJO Achmad Fathoni Rodli; Naning Sri Wahyuni; Alvien Gunawan
Ecopreneur.12 Vol 4, No 2 (2021): Oktober 2021
Publisher : Universitas Maarif Hasyim Latif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51804/econ12.v4i2.1011

Abstract

Berdasarkan hasil analisiis data yang diperoleh bahwa kompensasi mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. Hal ini dibuktikan dengan nilai thitung 6,329 lebih besar dari ttabel sebesar 1,990 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Sedangkan disiplin kerja tidak mempunyai pengaruh terhadap kinerja karyawan. Hasil uji F diperoleh nilai Fhitung 40,754 > Ftabel sebesar 3,11 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 H0 diterima dan Ha ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa secaraa simultan atau bersama- sama variabel disiplin kerja dan kompensasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. Dari hasih analisis diperoleh nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,502 yang berarti bahwa kedua variabel independen yakni disiplin kerja dan kompensasi mempunyai prosentase keeratan kepada variabel kinerja karyawan sebesar 50,2%, sedangkan sisanya 49,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini. Kata kunci : Disiplin Kerja, Kompensasi, Kinerja Karyawan
PENGARUH CAR, LDR, ROA DAN BOPO TERHADAP NPL PADA BANK UMUM SWASTA NASIONAL Iklimatus Suryani; Laely Aghe Africa
Ecopreneur.12 Vol 4, No 2 (2021): Oktober 2021
Publisher : Universitas Maarif Hasyim Latif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51804/econ12.v4i2.1016

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh Rasio kecukupan modal, Laba bersih, Raio pinjaman terhadap deposito dan beban operasional atas pendapatan operasional terhadap kredit bermasalah pada bank umum devisa  (BUSND) periode 2015 sampai 2019. Sampel yang dikumpulkan dengan menggunakan metode purposive sampling pemilihan sampel dengan kriteria tertentu menghasilkan 150 perusahaan yang menjadi sampel akhir. Data dikumpulkan dari laporan keuangan atau laporan tahunan, kemudian data dianalisis dengan analisis deskriptif, uji asumsi klasik, dan multiple linear. Hasil penelitian ini menyimpulkan: (1) Rasio kecukupan modal, Rasio pinjaman terhadap deposito dan beban operasional atas pendapatan operasional berpengaruh terhadap kredit macet pada bank umum devisa Swasta yang terdaftar di OJK. (2) Laba bersih beban tidak berpengaruh terhadap kredit macet pada bank umum devisa Swasta yang terdaftar di OJK. Kata kunci:  BOPO, CAR, LDR, NPL, ROA, Bank Umum
Pengaruh EVA, MVA dan EPS Terhadap Return Saham di Bursa Efek Indonesia (Studi pada Perusahaan Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2015-2019) Lailatus Sa’adah; Rahmad Kurniawan
Ecopreneur.12 Vol 4, No 2 (2021): Oktober 2021
Publisher : Universitas Maarif Hasyim Latif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51804/econ12.v4i2.1012

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh Nilai Tambah Ekonomi, Nilai Tambah Pasar dan Laba Per Saham terhadap return saham secara simultan dan parsial pada perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2015 - 2019. Jenis penelitian kuantitatif menggunakan data panel dengan teknik analisis regresi liniear berganda, analisis statistic deskriptif, model fixed effect, model random effect, uji hausman, uji koefisien determinasi, uji T, uji F dengan level signifikans 0,05 yang diolah menggunakan aplikasi E-views 10. Jumlah sampel memenuhi kriteria pada purposive sampling adalah 10 perusahaan. Variabel bebas dalam penelitian ini ditunjukkan  Economic Value Added, Market Value Added dan Earning Per Share, variabel terikat return saham.Hasil penelitian adalah Economic Value Added secara parsial tidak berpengaruh terhadap return saham; Market Value Added dan Earning Per Share secara parsial memiliki pengaruh terhadap return saham; dan Economic Value Added, Market Value Added dan Earning Per Share secara simultan tidak memiliki pengaruh terhadap return saham Kata Kunci:  Return saham, Economic Value Added, Market Value Added , Earning Per Share
PENGARUH FASILITAS WISATA, PROMOSI DAN HARGA TERHADAP MINAT WISATAWAN BERKUNJUNG PADA WISATA WEGO LAMONGAN Mohamad Rizal Nur Irawan; Levia Inggrit Sayekti; Ratna Ekasari
Ecopreneur.12 Vol 4, No 2 (2021): Oktober 2021
Publisher : Universitas Maarif Hasyim Latif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51804/econ12.v4i2.1008

Abstract

Penelitian dilakukan bertujuan untuk menganalisis dan menjelaskan pengaruh secara parsial maupun secara simultan variabel Fasilitas Wisata (X1), Promosi (X2) dan Harga (X3) terhadap minat wisatawan berkunjung pada Wisata WEGO Lamongan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Tenik pengambilan sampel mengunakan rumus slovin. Sampel yang digunakan pada penelitian ini berjumlah 100 responden. Analisis data data yang digunakan Uji Korelasi Berganda, Uji Koefisien Determinasi. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh secara parsial yang ditunjukan berdasarkan uji t yang menjelaskan bahwa variabel Fasilitas Wisata (X1), Promosi (X2) dan Harga (X3) berpengaruh secara segnifikan positif terhadap minat wisatawan berkunjung. Terdapat Variabel Fasilitas Wisata, Promosi dan Harga yang pengaruh secara simultan yang ditunjukan dengan nilai F hitung > F tabel berpengaruh secara segnifikan positif terhadap minat wisatwan berkunjung dan diketahui bahwa variabel Harga adalah variabel yang paling dominan berpengaruh terhadap Minat Wisatawan Berkunjung.Kata Kunci: fasilitas wisata; promosi; harga; minat wisatawan
PENGARUH PROMOSI DAN REVIEW PRODUK PADA MARKETPLACE SHOPEE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI UMAHA Donny Arif; Dian Afrilia Pramestie
Ecopreneur.12 Vol 4, No 2 (2021): Oktober 2021
Publisher : Universitas Maarif Hasyim Latif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51804/econ12.v4i2.1013

Abstract

Perkembangan zaman secara tidak langsung turut mengubah suatu kebiasaan dalam masyarakat, salah satunya adalah kegiatan berbelanja. Yang dulunya hanya bisa dilakukan secara tatap muka, kini banyak bermunculan pasar daring atau online shop yang semakin memudahkan dalam proses perbelanjaan. Dalam penelitian ini peneliti memiliki tujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara promosi melalui social media dan review produk pada marketplace shopee terhadap keputusan pembelian di lingkungan Universitas Maarif Hasyim Latif Sidoarjo. Teknik sampling dilakukan menggunakan purposive sampling, maka diambil 50 responden. Pengolahan data pada penelitian ini menggunakan software SPSS 20. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Variabel dalam penelitian ini menggunakan duavariabel yaitu variabel dependen dan variabel independen. Variabel dependen ( Y ) dari penelitian ini adalah keputusan pembelian. Variabel independen ( X) berupa promosi dan review produk. (1) Ada pengaruh signifikan antara promosi terhadap keputusan pembelian di UMAHA. (2) Ada pengaruh signifikan anatar pengaruh review produk terhadap keputusan pembelian di UMAHA. (3) Ada pengaruh signifikan antara promosi dan review produk terhadap keputusan pembelian di UMAHA.Kata kunci: promosi, review produk dan keputusan pembelian

Page 1 of 1 | Total Record : 9